TERAPI LEMAH IMAN

TERAPI LEMAH IMAN

Iman yang lemah dan berkurang perlu diterapi agar kembali sempurna. Di antara terapi lemah iman dan sebab-sebab bertambahnya iman adalah sebagai berikut:

1. Mempelajari ilmu yang bermanfaat

Terapi lemah iman yang pertama adalah mempelajari imu yang bermanfaat yang berasal dari Kitab Allah dan sunah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Ibnu Rajab rahimahullah berkata, “Ilmu yang bermanfaat adalah menguasai nashnash al-Kitab dan as-Sunnah, memahami maknanya, dan terhubung dengan atsaratsar sahabat, tabiin, dan orang-orang saleh setelah mereka dalam (memahami) makna al-Qur’an dan as-Sunnah.”

Dari Mu’awiyah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَن يُرِدِ اللهُ بِهِ خيرًا يُفَقِّهْهُ فِي الدِّينِ

Barangsiapa yang Allah kehendaki kebaikan baginya, niscaya Allah jadikan ia fakih (paham) ilmu agama.” (Muttafaq ‘alaih)

Bertambahnya iman dari ilmu terwujud melalui beberapa hal. Di antaranya adalah keluar untuk menuntut ilmu, duduk di halakah zikir, saling mudzakarah dalam masalah ilmu, bertambahnya ilmu tentang Allah dan agamanya, serta menerapkan ilmu pada diri sendiri dan mengajarkannya kepada orang lain.

Pintu-pintu ilmu yang dengannya iman bertambah, di antaranya adalah sebagai berikut:

🔰 Membaca dan menadaburi al-Qur’an. Allah Ta’ala berfirman:

وَاِذَا تُلِيَتْ عَلَيْهِمْ اٰيٰتُهٗ زَادَتْهُمْ اِيْمَانًا وَّعَلٰى رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُوْنَ

Dan apabila dibacakan kepada mereka ayat-ayat Allah, niscaya bertambahlah iman mereka. Dan hanya kepada Rabb-lah mereka bertawakal.” (QS al-Anfal: 2)

🔰 Mempelajari nama-nama Allah yang husna dan sifat-sifat-Nya yang tinggi yang dapat menyebabkan cinta, khasyyah, takut, dan harap kepada-Nya.

🔰 Membaca sirah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, mengajinya, dan merenungkan perangai-perangai terpuji beliau.

Ibnul Jauzi rahimahullah berkata, “Ilmu yang paling bermanfaat adalah ilmu yang mempelajari sirah Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam dan sahabat-sahabat beliau.”

2. Mengerjakan amal saleh, memperbanyak dan merutinkannya

Terapi lemah iman yang lain adalah mengerjakan amal saleh, memperbanyak dan merutinkannya, yang terdiri dari amalan hati, amalan lisan, dan amalan anggota badan. Di antara amalan hati adalah ikhlas, takut, harap, mahabbah, tawakal, tobat, dan sabar. Amalan lisan yang utama adalah dzikrullah, amar makruf dan nahi munkar, serta doa. Amalan anggota tubuh, di antaranya adalah salat, puasa, haji, zakat, dakwah di jalan Allah, serta menuntut ilmu dan mengajarkannya. Jika waktu dipenuhi dengan ketaatan kepada Allah, maka iman akan bertambah dan lebih kuat.

3. Memikirkan akhir kehidupan dan suul khatimah

4. Mengingat kematian, alam barzakh, kubur dengan azab dan nikmatnya, kengerian kiamat, Surga, dan Neraka

5. Zuhud terhadap dunia dan memikirkan nikmat Surga

6. Sedikit makan, berbicara, bergadang dan tidur, serta interaksi

7. Teman baik dan majelis-majelis iman

Baca juga: PENYEBAB LEMAH IMAN

Baca juga: MENGAPA HARUS BERILMU?

Baca juga: TIDAK SEORANG PUN SELAMAT DARI KAMATIAN

(Ibrahim ‘Abdullah bin Saigf al-Mazrui)

Akidah