SESUAP MAKANAN SEPERTI PONDASI PADA BANGUNAN

SESUAP MAKANAN SEPERTI PONDASI PADA BANGUNAN

Sesungguhnya sesuap makanan sama seperti pondasi segala sesuatu pada seseorang. Jika sesuap makanan itu baik, maka segala sesuatu itu akan baik. Jika sesuap makanan itu buruk, maka segala sesuatu itu akan buruk. Jika sesuap makanan itu baik, maka hati dan tubuh akan baik, dan baik pula perkataan dan perbuatannya. Akan tetapi, jika sesuap makanan itu buruk, maka hati dan tubuh akan buruk, dan buruk pula perkataan dan perbuatannya.

Perumpamaan sesuap makanan dalam agama sama seperti pondasi dalam bangunan. Apabila pondasi kokoh dan kuat, maka bangunannya akan berdiri tegak. Apabila pondasi lemah, maka bangunannya akan miring dan rubuh.

Allah Ta’ala telah berfirman:

اَفَمَنْ اَسَّسَ بُنْيَانَهٗ عَلٰى تَقْوٰى مِنَ اللّٰهِ وَرِضْوَانٍ خَيْرٌ اَمْ مَّنْ اَسَّسَ بُنْيَانَهٗ عَلٰى شَفَا جُرُفٍ هَارٍ فَانْهَارَ بِهٖ فِيْ نَارِ جَهَنَّمَۗ وَاللّٰهُ لَا يَهْدِى الْقَوْمَ الظّٰلِمِيْنَ

Maka apakah orang-orang yang mendirikan bangunan (masjid) atas dasar takwa kepada Allah dan keridaan(-Nya) lebih baik ataukah orang-orang yang mendirikan bangunannya di tepi jurang yang runtuh, lalu (bangunan) itu roboh bersama-sama dengan dia ke dalam Neraka Jahanam? Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim.” (QS at-Taubah: 109)

Baca juga: PERINTAH MEMAKAN MAKANAN YANG HALAL DAN BAIK

Baca juga: KENAPA MANUSIA BERANI MENGONSUMSI MAKANAN HARAM?

Baca juga: BEROBAT DENGAN YANG HALAL

(Dr Abdul Azhim bin Badawi al-Khalafi)

Serba-Serbi